STISOSPOL Waskita Dharma Malang

Stisospol “Waskita Dharma” Malang, yang merupakan salah satu Sekolah tinggi yang berada di Indonesia, didirikan pada tahun 1987 dan kampusnya terletak di kota Malang. Stisospol “Waskita Dharma” Malang telah berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan ilmu pengetahuan sosial, serta mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mengatasi berbagai persoalan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memelihara kelestarian lingkungan dan budaya.

Telah banyak jalinan kerjasama yang telah dibangun Stisospol “Waskita Dharma” Malang dengan berbagai institusi di dalam maupun luar negeri dalam upaya mewujudkan visi dan misi dan tujuan yang diembannya. Namun demikian, Stisospol “Waskita Dharma” Malang dituntut untuk selalu memperbaiki kualitas proses pendidikannya disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global.

Diharapkan pada masa mendatang, Stisospol “Waskita Dharma” Malang akan menjadi Sekolah tinggi yang sanggup mensejajarkan dirinya dengan universitas terkemuka di indonesia, baik dari segi mutu lulusan maupun mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat mengangkat martabat dan harkat bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan visi dan misi yang diembannya, Stisospol “Waskita Dharma” Malang telah membuat program jangka panjang 5 tahun ke depan dalam suatu dokumen Rencana Strategis Stisospol “Waskita Dharma” Malang 2012-2017.

Penyusunan Rencana Strategis Stisospol “Waskita Dharma” Malang telah didasarkan kepada 3 Pilar Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional, yaitu :

  1. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan,
  2. Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, dan
  3. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Tiga Isu Strategis Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, yaitu :

  1. Daya saing bangsa,
  2. Otonomi dan desentralisasi, dan
  3.  Kesehatan organisasi, juga merupakan isu strategis yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun Rencana Strategis Stisospol “Waskita Dharma” Malang 2012-2017.

Penyusunan Rencana Strategis Stisospol “Waskita Dharma” Malang 2012-2017 diawali dengan evaluasi diri untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan dalam menyusun isu strategis. Ada tiga isu utama dalam Rencana Strategis Stisospol “Waskita Dharma” Malang 2012-2017, yaitu :

  1. Otonomi,
  2. Penyehatan organisasi, dan
  3. Peningkatan daya saing nasional.

Otonomi diharapkan memberikan peluang untuk akselerasi dan ruang gerak Iebih leluasa bagi dinamika perkembangan Stisospol “Waskita Dharma” Malang di kemudian hari. Isu penyehatan organisasi dipilih karena organisasi yang sehat menjadi prasyarat utama untuk dapat berkontribusi pada kebebasan akademik, inovasi dan kreativitas, mendorong efisiensi, efektivitas, dan tanggungjawab organisasi, dan menjadikan perguruan tinggi sebagai asset bukan sebagai beban. Isu peningkatan daya saing nasional dilaksanakan dengan mendorong program/disiplin ilmu yang dapat menaikkan daya saing bangsa melalui peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.