Kerjasama Program Pendidikan antara STISOSPOL Waskita Dharma dengan PKBM Petinggi Telok Simpang Dua Kalimantan Barat

Kalimantan Barat, 5 Agustus  2019 – Stisospol Waskita Dharma Malang mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Stisospol Waskita Dharma pada tahun 2019 ini memiliki program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Tinggi. Dalam program ini, kami melaksanakan kegiatan pengabdian dengan tema Peran Ilmu Administrasi dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Daerah.

Disisi lain, bagi masyarakat sendiri sasaran kehadiran dosen diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang pembangunan. Hal ini selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai agen perubahan (agent of change). Oleh karena itu, dosen yang melaksanakan penngabdian masyarakat harus dapat bertindak sebagai jembatan (komunikator) dalam proses dan penerapan iptek pada khususnya. Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat tersebut ada 3 akses yang harus diperoleh kelompok sasaran, yaitu pemberdayaan, kebijakan public, dan administrasi.

Setiap Kampus Indonesia harus melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. STISOSPOL Waskita Dharma Malang merupakan salah satu kampus terbaik yang memiliki Program Jurusan Ilmu Administrasi Negara dengan akreditasi B. Untuk membuktikan hal tersebut, STISOSPOL Waskita Dhama menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan Pengabdian di Simpang Dua Kalimantan Barat pada tanggal 3 Agustus 2019.

Dalam pengabdian kali ini, PKBM Petinggi Telok Simpang Dua Kalimantan Barat menjadi salah satu sasaran STISOSPOL Waskita Dharma melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan melakukan joint seminar, penyuluhan, bincang kreatif serta yang paling penting ialah adanya suatu kerjasama  Program Pendidikan.

Kegiatan Joint Seminar dan Kerjasama tersebut pertama-tama disambut oleh Ketua PKBM Petinggi Telok sekaligus membuka acara seminar Peran Ilmu Administrasi dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Daerah.

Adapun pembicara selanjutanya dalam kegiatan Joint Seminar dan Penandatanganan Kerjasama Program Pendidikan tersebut antara lain yaitu Bapak Dr. Budiar, MSi dengan menyampaikan materi tentang Seminar Sistem Administrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pemateri selanjutnya yaitu Bapak Dr. H. Sigit Wahyudi, Drs. SE., MM. dengan menyampaikan materi Fungsi Manajemen dalam Layanan Publik diikuti oleh Bapak Hamsah, S.Sos.,I., SE., MM., S.Sos dengan menyampaikan materi Relevansi Program Pemberdayaan dalam Meningkatkan Sosial Ekonomi Masyarakat.

 

Ketua Yayasan STISOSPOL Waskita Dharma Dr. H. Sigit Wahyudi, Drs. SE. MM di tengah acara memberikan materi seminar bertemakan Fungsi Manajemen dalam Layanan Publik.

Tiba diakhir acara, STISOSPOL Waskita Dharma Malang dan PKBM Petinggi Telok melakukan penandatangan kerjasama program pendidikan. Proses Penandatanganan Kerjasama dilakukan oleh Ketua PKBM Petinggi Telok dan Pimpinan STISOSPOL Waskita Dharma Malang Dr. H. Sigit Wahyudi, Drs. SE.MM. Diadakannya kegiatan kerjasama ini diharapkan terjadi timbal balik dan mengutungkan kedua pihak dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.