Peternakan jadi lahan riset

Sejak beberapa tahun terakhir sekolah tinggi ilmu sosial dan ilmu politik (STISOSPOL) ”Waskita Dharma” Malang mengembangkan ternak sapi perah di kecamatan jabung kabupaten Malang. ada banyak mamfaat dari pengembangan peternak tersebut. dua hal yang menjadi tujuan utama, yakni sebagai lapangan riset dosen dan mahasiswa, serta sebagai upaya peberdayaan dan peningkatan kesejahtraan masyarakat.

ketua yayasan Waskita Dharma Dr. Sigit Wahyudi, SE,. MM. mengatakan, peternakan sapi pernah menjadi tempat kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa selama ini. di desa tersebut para mahasiswa dapat belajar dengan memberdayakan ternah sapi perah.

Dr. Sigit Wahyudi, SE,. MM. menambahkan selama masa KKN mahasiswa diminta untuk menggali potensi yang ada di kecamatan jabung setidaknya keberadaan mahasiswa di tengah masyarakat dapat menjadi pendamping.

”Intinya dengan kita mengembangkan kandang peternakan sapi perah, bisa menjadi sarana untuk pemberdsayaan masyarakat maupun untuk penelitian,” ujarnya.

Jumlah susu tersebut masih terbilang sedikit kalau dibandingkan dengan peternah yang lebih lama disana. Oleh karena itu untuk memalksimalkan jumlah penjualan STISOSPOL juga menerimah dari peternah susu yang lain. penghasilan dari penjualan susu setiap bulannya mencapai 200 juta…

Dr. Sigit Wahyudi, SE,. MM. mengungkapkan ada banyak keuntungan yang bisa di peroleh dari peternah sapi perah. keuntungan yang di dapat tersebut di umpamakannya sebagai emas. yakni emas putih, merah dan kuning. hasil dari penjualan ternak sapi perah juga sebagai pendukung finansial kampus. jika membutuhkan sokongan dana yang bersifat cepat bisa diambil dari penghasilan sapi perah.