STUDI LAPANGAN Ds. Mulyoagung Kec. Dau Kab. Malang

Waskita Dharma – Stisospol Waskita Dharma Malang mengemban tugas Mata kuliah yang meliputi kegiatan Studi Lapangan di dusun Mulyoagung Kec. Dau Kab. Malang, tugas mata kuliah semester V Stisospol Waskita Dharma pada tahun 2019 ini memiliki program Studi lapangan yang diselenggarakan oleh dosen mata kuliah Kewirausahaan yaitu Dr. Indiati. S.Hum sesuai dengan Mata kuliah yang diampuhnya. Dalam program ini, kami melaksanakan kegiatan studi dengan tema penerapan tentang bagaimana berwirausaha , lokasi yang kami tujuh yaitu TPST atau tempat pembuangan sampah dalam hal memamfaatkan sampah kemudian di daur ulang sehingga bisa menghasilkan uang, dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Daerah terutama di desa. di sela-sela kunjungan tersebut kami sempat bertemu sekaligus melakukan wawancara oleh para pekerja yang ada di tpst tersebut mulai dari pekerja tukang milah milah sampah plastik, sampah botol hinggga petugas yang mengangkut sampah ke daerah penampungan terkahir.
Dr. Indiati Menuturkan pemamfaatan sampah sebagai bentuk cara berwirausaha mulai dari kecil kecilan untuk itu saya sarankan kepada para maahasiswa khususnya semester V agar bisa menjadikan pelajaran atas kunjungan kita hari ini tentang bagaimana cara memamfaatkan sampah untuk bisa menghasilkan uang kerana tanpa kita sadari kita seringkali menyalah gunakan sampah dan menganggap sampah sebagai bahan yang busuk atau tidak ada kegunaannya, padahal sampah dapat membantu kita jika kita gunakan sebaik baiknya dan mengetahui mamfaat sampah tersebut.
dosen Kewirausaan tersebut menambhkan bahwa mahasiswa harus bisa belajar cara berwirausaha dengan baik, karena orang sukses itu orang yang benar-benar ingin mau berusaha misalnya dalam dunia bisnis/usaha tanpa harus memiliki modal yang besar tapi dimulai dari nol pun bisa asalkan ada keinginan yang kuat.
saat memasuki TPST Kami melakukan wawancara dengan beberapa pekerja diantaranya bapak supardi beliau menyebutkan bahwa jika adik adik mahasiswa Stisospol Waskita Dharma dalam rangka kunjungan Studi Kewirausahaan salah satu bentuk berwirausaha maka disini contoh tempat berwirausaha seperti yang dilakukan oleh para pekerja warga ds mulyoagung mulai dari memilah milah sampah plastik, botol, kertas dan sebagainya. ”itu juga sebagai bentuk usaha walau dikatakan cukup dipandang reme. kendala yang kami alami ketika sampah yang ada di penampungan kelamaaan lebih dari 1 hari maka sampah sampah tersebut akan membusuk dan tak jarang mendapatkan kecaman dari warga sekitar karna baunya yang sangat menyengat. ujarnya”
sampah plastik, botol dan kertas yang telah dikumpulkan akan akan dipisahkan kemudian bagian pengangkut akan membawanya ke perusahaan yang akan membelinya, nah dari hasil penjualan yang dibeli oleh perusaan tersebut itu yang akan dijadikan gaji karyawan walaupun sebagian dari gaji tersebut dari warga sekitar, Mantan Dosen Universitas Brawijaya Tersebut menambahkan sering kali gaji mereka tidak nutup untuk itu saya mengambil alternatif dengan cara meminjamkan gaji untuk buru dari perusahaan tempat penjualan sampah bekas tersebut, meski harga biasanya dipermainkan oleh perusahaan yang membelinya, ujar Supardi kamis 14/11/19 Penulis (Aldi/Stwd)