Cegah COVID-19, warga RT 01 Hamid Rusdi semprot disinfektan di area kampus I Waskita Dharma Malang

Malang – sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), warga RT 01 Hamid Rusdi melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangdan sudut di kampus I Waskita Dharma, Malang, 25 Maret. Penyemprotan ini dilakukan secara menyeluruh di Kampus I Waskita Dharma Malang, termasuk halaman dan ruang gudang belakang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua RT 01 dan tim penyemprot disinfektan dari RT. 01 dan 2 orang petugas kampus.

Sejak kasus positif corona di Indonesia di konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret ini, warga Hamid Rusdi termasuk RT.01 telah melakukan serangkaian langkah preventif terhadap virus corona. Antara lain, gotong royong bersih-bersih sekitar lingkungan setempat, dan edukasi hidup sehat, serta penerapan kerja dari rumah (work from home). Pihaknya mengaku bahan disinfektan diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga disinfektan di pasaran sudah cukup tinggi, serta hingga saat ini belum ada program penyemprotan disinfektan dari Pemerintah Kota Malang.

Namun demikian, dalam pembuatannya dilakukan dengan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan dinas kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volume.

Dalam situasi krisis akibat COVID-19 seperti ini, warga harus selalu berfikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya menjadi sehat, sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah.