PENGUATAN PENGEMBANGAN TATA KELOLA SUMBERDAYA MANUSIA MENUJU DESA MANDIRI

Waskita Dharma –  Seminar Penguatan pengembangan tata kelola sumberdaya manusia menuju desa mandiri yang di isi oleh Ketua Yayasan STISOSPOL Waskita Dharma Malang. yaitu Dr. H. Sigit Wahyudi., Drs. SE., MM. dan Drs. Suryo Hartoko M. Msi. Selaku pengisi acara seminar, selain itu juga dihadir oleh sejumlah perang kat desa yang ada di kabupaten ponorogo jawa timur.

Tulisan ini akan membahas tentang tata kelola sumberdaya manusia agar Alokasi Dana Desa (ADD) agar tepat sasasaran dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan. Saat ini, banyak program pembangunan desa yang diperbaiki. Salah satunya adalah program pembangunan yang berusaha memberantas fenomena kemiskinan yang terjadi pada sebagian besar masyarakat yang tinggal di pedesaan. Oleh karena itu, diperlukan pemberdayaan yang ditujukan bagi masyarakat miskin agar mereka dapat hidup dengan mandiri dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin tidak terkendali setiap perjalanan.

Dr. H. Sigit Wahyudi., Drs. SE., MM Menuturkan bahwa Cukup banyak faktor yang menyebabkan masyarakat di pedesaan hidup dengan terpuruk, dan dipertanyakan pula mereka harus hidup dalam standar kualitas hidup yang rendah dan serba kekurangan yang pada akhirnya berakibat pada peningkatan yang terintegrasi dan memunculkan yang beragam baik dari segi ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan. Dilatarbelakangi atas fenomena tersebut, muncul berbagai program setiap minggu baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah dengan tujuan untuk mendukung dan juga mendorong kemampuan masyarakat yang ada di wilayah pedesaan. Ini merupakan wujud dari pemberdayaan dengan memunculkan kembali nilai-nilai kearifan lokal dan modal sosial seperti nilai kegotong royongan yang akhir-akhir ini sudah mulai terkikis.

Ketua Yayasan Tersebut memberikan masukan, untuk meningkatkan capacity building tersebut, desa dapat menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi atau lembaga-lembaga pelatihan manajemen dan pengembangan sumber daya manusia yang telah teruji dan diakui kualitasnya dalam bidang pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang manajemen dan tata kelola pemerintahan dan keuangan negara.

“bentuk dari pemberdayaan desa contohnya seperti yang ada di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. yaitu ADD dialokasikan untuk pemberdayaaan masyarakat melalui susu sapi perah, hal ini akan meningkatkan penghasilan daerah dalam tata kelola pemerintahan dan keuangan desa, karena dengan mendorong masyarakat untuk melakukan usaha hal inilah yang akan lebih menjamin tercapainya tujuan pembangunan desa yaitu berkembang majunya perekonomian desa dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa” tutupnya. Sabtu, 7/12/2019. Penulis (Aldi/Stwd)