PERANAN PENDIDIKAN DALAM PEMBERDAYAAN APARATUR PEMERINTAHAN DESA

WASKITA DHARMA – Jum’at 20/9/2019 Dalam program pengabdian dan kerja sama atau disingkat dengan (LEMKADEKEL) yang dihadiri oleh Dosen STISOSPOL Waskita Dharma Malang yaitu :

1. Dr. Sigit Wahyud,. Drs,. SE,. MM.

2. Dr. Aisyam M.Si,. S.Sos

3. Dr. Abdul Rahman,. M.Si

4. Jujuk Eko,. SH,. MH.

yang bertema Peranan Pendidikan Dalam Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Desa. yang diadakan di desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Dalam program pengabdian dan kerja sama Dr. Sigit Wahyud,. Drs,. SE,. MM menyampaikan bahwa peranan pendidikan sangat penting diterapkan dalam aparatur pemerintahan terutama bicara dalam konteks aparatur pemerintahan desa

Dr. Sigit Wahyud,. Drs,. SE,. MM menambahkan Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan administrasi pemerintahan desa dan tata kelola pelaporan keuangan desa dalam meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahandesa.Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan mendorong tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan serta melahirkan kader-kader desa yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Sedangkan Metode kegiatan yang digunakan adalah Participatory Learning and Action. Kegiatan ini dilakukan dengan menekankan pada kegiatan ceramah, diskusi, curah pendapat yang dilakukan secara interaktif dengan anggota kelompok dan dilanjutkan dengan aksi atau kegiatan riil yang relevan dengan materi pemberdayaan masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, masyarakat memilki respon dan antusias terhadap pelatihan dan tercipta perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan.